Saksi Jehova

Saksi Jehova

Aliran ini berpusat di Bethel,Brooklyn-Newyork dengan tenaga full time sekitar 2000 personil melalui jaringan Watch Tower Bible and Tract Society. Mereka sangat giat menyebarkan ajarannya keseluruh dunia.Organisasi ini mempunyai 4,7 juta anggota aktif,tersebar di 231 negara termasuk Indonesia.

Yang terbanyak pengikutnya bermukim di AS,negeri asalnya yakni hampir satu juta. Jadi masih relevan dan penting membicarakan aliran ini,tanpa buru-buru membubuhkan cap ajaran sesat atasnya.Siapa tahu ada juga berguna yang bisa dipelajari dari aliran ini. Kemunculan aliran ini sedikit banyaknya bermula dari aliran Adventis,sekalipun kalangan Adventis menolak ajaran Saksi Jehowa. Sejarah aliran ini berkait erat dengan kiprah para tokoh sentralnya yang kemudian menjadi president organisasi Watch Tower seperti C.T Russel.

Menurut tokohnya Russel Kedatangan Kristus dan awal millenium baru terjadi pada thn 1914,setelah masa panen selama 40 tahun(1874-1914).Berdasarkan Wahyu 7:4-9) pandangan Russel selanjutnya bhw diantara masa panen dan kedatangan Kristus itu akan terjadi perang Armagedon yang akan dipanen atau orang yang selamat melintasi perang itu dan memasuki kerajaan 1000 tahun itu hanya 144.000 orang.

Selanjutnya dikembangkan ajaran yang menyatakan tidak adanya neraka sebagai tempat penghukuman kekal bagi orang2 jahat,sebab setiap orang jahat segera ditiadakan pada saat ia mati.Lalu ajaran yg berhubungan dengan penebusan.Adam mengalami kematian sebagai hukuman yang adil atasnya,tetapi keturunannya mengalaminya sebagai warisan.Tindakan pengorbanan dari Yesus meniadakan hukuman maut.Karena Adam,kita semua lahir tanpa hak untuk hidup.Karena Yesus,semua dosa yang kita warisi dibatalkan.Jadi semua orang dijamin memperoleh peluang kedua,sekaligus diuji apakah ia memilih Allah atau menjadi pemberontak yang memang layak mati.Peluang kedua ini akan ditawarkan pada millenium yang dimulai ketika Kristus kembali dalam wujud yang nyata,memerintah dibumi bersama orang2 kudusnya selama seribu tahun.

Disamping ketiga pokok pandangan(yang kemudian menjadi ajaran lembaga Menara Pengawal atau persekutuan Saksi Jehova) masih ada beberapa pokok ajaran yg dikemukakan seperti penolakan terhadap pokok-pokok ajaran gereja baku/resmi,misalnya ajarannya untuk menolak Trinitas(ke-Tritunggal-an Allah),kekekalan jiwa,kebangkitan Kristus secara jasmani dan kepribadian tersendiri dari Roh Kudus.Inilah ciri ajaran Saksi Jehova.

Sampai sekarangpun Saksi Jehova selalu berkata bahwa organisasi mereka bukan gereja,mereka juga bukan anggota gereja tertentu,melainkan anggota sebuah lembaga atau Persekutuan Alkitab.

Mengenai sikap Saksi-saksi Jehova :

  • Semangat bersaksi.
    Kita dapat menertawakan mereka,seperti terjadi dikota-kota besar Eropa-berbaris dijalan-jalan raya sambil membawa poster2 denga slogan2.Kita mungkin jengkel melihat sikap memaksa mereka,jika mereka masuk kerumah-rumah dan mendesak kita berbicara. Apakah kerajinan mereka tidak mengandung sesuatu yang luar biasa? Berapakah anggota2 jemaat yang bersedia bersaksi dari rumah ke rumah?
  • Dalam gerakan ini semua anggota2nya turut berbicara dan bersaksi.
    Gereja2 Protestan sering kelihatan sebagai “Gereja-gereja pendeta”dan seakan-akan berada dibawah kekuasaan si pendeta saja.Anggota jemaat sedikit sekali yang giat dalam pekerjaan gereja.Dalam banyak hal gerakan Saksi Jehova adalah suatu reaksi terhadap Gereja yang condong menjadi gereja pendeta itu.
  • Semangat berkorban dari anggota gerakan2 ini.
    Martin Niemoeler pernah bercerita betapa ia kagum melihat sikap pengikut gerakan ini ketika mereka meringkuk dalam kamp-kamp tawanan Jerman.Mereka menolak hormat menurut cara Hitler,menolak bekerja dilapangan2 terbang, ingkar mundur walaupun disiksa seganas-ganasnya.
  • Cara mereka bergaul antara sesama mereka.
    Jika kita bertanya kepada diri sendiri,apakah sebabnya orang2 Katolik Roma atau Protestan meninggalkan gerejanya dan kemudian menggabungkan diri dengan Saksi Jehova ini,maka alasannya biasanya adalah renggangnya persatuan kekristenan diantara anggota-anggota memaksa mereka berbuat begitu.Mereka merasa kesepian didalam gerejanya sendiri,sedangkan didalam kalangan Saksi Jehova sendiri mereka menjalin persatuan erat.Gerakan2 seperti Saksi Jehova ini adalah suatu peringatan bagi gereja2 terhadap kekurangannya.
  • Sikap terhadap hidup berpolitik.
    Memang keliru anggapan Saksi2 Jehova,bahwa berpolitik adalah suatu hal yang dilarang.Tidak dapat dibenarkan jika mereka menganjurkan supaya orang menjauhi segala macam politik>tetapi apakah juga tidak benar,bahwa gereja-gereja sering kurang kritis sikapnya terhadap politik? Apakah tidak benar,bahwa gereja sering lupa mengambil Firman Allah sebagai patokan dalam menghadapi dunia politik?

Catatan dan peringatan teolog emeritus ini,demikian juga berbagai catatan lain yang memperlihatkan kekuatan dan daya tarik aliran ini, masih layak diperoleh gereja-gereja di Indonesia pada penghujung abad ke -20 ini,ketimbang secara gampangan menuding aliran ini sebagai penyebar ajaran sesat.Disini saya foward sekilas riwayat tokoh-tokoh Saksi Jehova yang berpengaruh hingga sekarang sbb:

  • Charles Taze Russell(C.T.Russell) lahir di Pittsburgh-Pennsylvania (1852-1916) dari keluarga yang berlatar belakang Presbyterian Skotland-Irlandia. Ayahnya adalah seorang pengusaha jaringan toko pakaian.Sejak remaja Russell telah tertarik pada hal-hal keagamaan,terutama menyangkut kedatangan Kristus kedua kali dan akhir zaman.Sejak 1870 ia bergabung dengan kelompok yg bercorak Adventis yang dipimpin Jonas Wendell,lalu beralih ke kelompok Barbour.Kelompok Wendell ini terbentuk tak lama setelah kekecewaan Agung 1844.Semula kelompok ini percaya bahwa Adven kedua itu bakal terjadi tahun 1853-54.Setelah ternyata tidak terjadi,Wendell meramalkan bahwa peristiwa itu bakal terjadi thn 1874,tetapi setelah thn 1874 toh tidak terjadi,lalu Russell meninggalkan kelompok Wendell dan bergabung dengan kelompok Barbour yg mempunyai penerbitan majalah “The Herald of the Morning yang sempat memiliki ribuan pelanggan dan Russell ikut sebagai pengasuhnya.Kelompok Barbour ini memahami bahwa Kristus memang sudah hadir secara rohani atau tak kelihatan sejak 1874,dan baru sepenuhnya menampakkan diri pada bulan April 1878,sambil mengangkat orang2 yang percaya akan hal itu kesorga. Russell menikah dengan salah seorang murid Bible studynya pada thn 1879 yg bernama Maria F.Ackley.Maria segera diangkat menjadi pengurus inti Watch tower society.tetapi pada tahun 1897 mereka bercerai karena perbedaan keyakinan dan karena dakwaan Maria bahwa suaminya punya hubungan gelap dengan wanita lain.Skandal dan perceraiannya kelak menjadi sasaran kritik oleh lawan2nya kepada Russell.
  • Rutherford merupakan tokoh yang paling kontroversial.Ia lahir 8 November 1869 di Morgan County-Missouri dalam keluarga petani warga gereja Baptis Sejak masa remaja ia tertarik pada bidang hukum.Karena orangtuanya tidak merestui minatnya itu,ia harus membiayai sendiri studinya di sebuah sekolah hukum dengan bekerja sebagai stenografer.Sejak usia 22 tahun ia menjadi pengacara dan jaksa penuntut umum.Ia tak pernah menjadi hakim penuh,tetapi gelar kehormatan judge ia sandang seumur hidupnya.Dia kemudian terpilih sebagai president kedua setelah Russell dalam Watch Tower Society pada bln Januari 1917.Latar belakang pendidikan dan pengalamannya di bidang hukum,kelak sering membuat lembaga persekutuan menara pengawal(Saksi Jehova) ini berurusan dengan masalah yang menyangkut hukum.Cukup sering mereka dinyatakan bersalah sehingga kena hukuman,tetapi tidak jarang pula lewat kasus2 hukum itu mereka memelopori perubahan undang-undang di AS,terutama menyangkut kebebasan beragama.

Tanggal 6 April 1917 AS secara resmi melibatkan diri dalam perang dunia I.Rutherford bersama tujuh pemimpin Menara Pengawal lainnya menentang keterlibatan itu dan menolak ikut wajib militer.Mereka juga menolak memberi hormat pada bendera,karena hal itu dianggap kekafiran dan kekejian thd Tuhan.(Sampai sekarang hal itu merupakan salahsatu ajaran mereka).Mereka berdelapan disalahkan dan dituduh sebagai mata-mata Jerman. Pada tahun 1920 Rutherford menerbitkan tulisannya,”Million Now Living Never Die.dalam tulisannya ia menyatakan bhw perang Armagedon akan terjadi thn 1925,dan mereka yg setia kepada Jehova dan termasuk pada bilangan 144.000 orang tidak akan mati dan langsung ikut bersama Kristus memerintah dalam kerajaan seribu tahun.Tulisan dan pernyataan ini sempat menarik minat banyak orang,dan dalam waktu singkat pengikutnya bertambah 44%Bagi pengikutnya mengartikan bahwa nama Babylon adalah nama julukan untuk Gereja Roma Katolik dan Protestan.

Published in: on April 2, 2007 at 12:01 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://hkbp.wordpress.com/2007/04/02/saksi-jehova/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: