Syarat Berdoa

Syarat Berdoa


Pertanyaan : mengapa saya sering gagal dalam doa ?. Jawabannya sungguh sederhana. Karena kita belum belajar berdoa dengan baik. Ada beberapa syarat untuk berdoa dengan baik, yaitu :

  • Syarat pertama : iman. Pernahkah Saudara memperhatikan cara Yesus berkata kepada orang yang datang kepada-Nya untuk mohon bantuan-Nya: “Apakah kamu percaya Aku dapat melakukannya ?. Kalau Saudara percaya, segala-galanya mungkin. Jika Saudara tidak percaya, Yesus tidak dapat melakukan apapun bagi Saudara.
  • Syarat kedua : pengampunan. Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di surga mengampuni kesalahan-kesalahanmu” ( Mrk 11:25 )
  • Syarat ketiga : bukan hal-hal duniawi Yak 4:2-3 mengatakan, “…..Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa. Atau kamu berdoa juga , tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu. Hai kamu orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah ?”
  • Syarat keempat : kemurahan hati Setiap orang yang berharap agar Allah bermurah hati kepadanya harus juga bermurah hati kepada sesamanya. Yesus bersabda, “Berilah dan kamu akan diberi : suatu takaran yang baik , yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu” ( Luk 6:38 )
  • Syarat kelima : berdoa dalam nama Yesus “Dan apa juga yang kamu minta dalam namaKu, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepadaKu dalam namaKu, Aku akan melakukannya.” ( Yoh :13-14 )
  • Syarat keenam : keteguhan hati Dengan cukup jelas Yesus mengatakan kepada kita bahwa tidak cukup untuk memohon sesuatu hanya satu kali saja; kita harua bertekun dalam doa, mohon terus-menerus, tanpa henti, tanpa lelah, sampai Bapa mendengarkan kita dan mengabulkan permohonan kita. ( baca dan simak Luk 11 & 18 )
Published in: on April 2, 2007 at 6:19 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://hkbp.wordpress.com/2007/04/02/syarat-berdoa/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: